BERBAGI SEHAT BERSAMA POSYANDU BUMIL ( IBU HAMIL)

kedalinganNews.. Kegiatan Posyandu Ibu Hamil ( Bumil)  merupakan kegiatan rutin yang setiap bulannya di laksanakan di desa Kedalingan. Posyandu Bumil lebih bertujuan memberi konseling dan bimbingan kepada ibu hamil,untuk mengurangi resiko terburuk saat persalinan maupun stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak baik tubuh maupun otak akibat kekurangan gizi dalam waktu lama.Menurut data Dinas kesehatan provinsi jawa tengah tahun 2018, dari 35 kabupaten kota di jawa tengah, 11 kabupaten kota di Jawa tengah masih tinggi angka penderita stunting.Termasuk Kabupaten Pati di dalamnya.

Stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi pada anak dalam 1000 hari kehidupan, yaitu semenjak anak masih di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan protein.

Selain mendapatkan konseling dan bimbingan dalam kegiatan Bumil juga mendapat pemeriksaan kesehatan untuk ibu hamil.Di antaranya adalah tensi darah, pengukuran tinggi badan dan berat badan.

Untuk kegiatan Posyandu Bumil bulan Februari ini terdapat 7 peserta Bumil. Menurut Aida Muslimah selaku Bidan desa Kedalingan, sedikitnya peserta Posyandu Bumil dikarenakan sebagian peserta sudah ada yang melahirkan dan ada yang berhalangan hadir.

Dalam kegiatan tersebut juga di ajarkan gerakan gerakan ringan atau yang biasa di sebut senam bumil dan juga pemberian makanan tambahan khusus untuk ibu hamil yang di anggarkan dari Apbdes desa Kedalingan tahun 2020. (ap-red)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan